Meta Description Tag

Apa itu meta description tag?

Meta description tag adalah sebuah elemen yang menampilkan ringkasan dari sebuah halaman website. Biasanya Meta description ditampilkan pada hasil pencarian dari mesin pencarian (SERP), biasanya terletak di bawah title tag.

Meta description pada hasil pencarian

Mengapa meta description tag penting?

Google mengatakan bahwa meta description tag tidak berpengaruh pada perhitungan ranking pencarian di mesin pencariannya. Meskipun demikian penulisan meta description yang baik dapat meningkatkan tingkat klik/click through rate (CTR) tautan websitemu pada hasil pencarian di mesin pencarian, dengan meningkatnya CTR akan secara otomatis meningkatkan ranking kita di mata mesin pencarian. Oleh karena itu meta description tag sama pentingnya dengan title tag.

Bagaimana cara menulis meta description tag yang baik?

Melihat pentingnya sebuah meta description tag bagi websitemu, maka penulisan meta description tag yang baik sangatlah diperlukan. Berikut adalah tips untuk memilih meta description tag yang baik untuk halaman websitemu:

1. Panjang meta description tag yang optimal

Panjang meta description yang kami sarankan adalah 135 – 160 kararkter.

2. Tulis secara relevan & menarik

Meta description tag memiliki fungsi sebagai tulisan iklan. Tulisan tersebut dapat menarik pembacamu melalui hasil pencarian di mesin pencari. Penulisan meta description yang dapat terbaca dengan baik dan menarik dapat meningkatkan click-through rate dari halaman websitemu. Pastikan bahwa meta description tag yang dituliskan sesuai dengan konten websitemu karena mesin pencarian dapat menemukan meta description yang berusaha “menipu” dengan konten yang tidak relevan dan akan membuat websitemu terkena penalti dari mesin pencarian.

3. Jangan kembar.

Meta description tag yang kembar dapat mengurangi user experience dari calon pengunjung websitemu.