Pengenalan Menu Properties

Apabila kamu melakukan 1x klik pada sebuah elemen, kamu sedang berada pada posisi aktif untuk melakukan perubahan pada elemen tersebut.

Menu yang muncul di sisi kanan pada kanvas adalah menu Properties yang dapat kamu gunakan untuk melakukan fungsi/perubahan sehubungan dengan elemen tersebut. Berikut penjelasan keseluruhan menu yang ada.

 

Panel Menu Properties

[002][Edited]-01

 

Menu 1: Menu Salin (Copy)
Untuk memperbanyak elemen yang kamu inginkan, gunakan menu ini atau gunakan shortcut Ctrl+C. Fungsi menu ini dikombinasikan dengan fungsi menu Tempel.

Menu 2: Menu Tempel (Paste)
Setelah menggunakan menu Salin, gunakan menu ini atau gunakan shortcut Ctrl+V untuk memperbanyak elemen yang kamu inginkan.

Menu 3: Letakkan ke Depan (Bring to Front)
Apabila pada halaman websitemu terdapat 2 atau lebih elemen yang bertumpukan, dan kamu ingin memposisikan elemen di belakang menjadi 1 tingkat di depan, gunakan menu Bring to Front.

Menu 4: Tempatkan ke Belakang (Send to Back)
Menu Send to Back dapat kamu gunakan untuk memposisikan salah satu elemen di depan agar menjadi 1 tingkat di belakang (atau di bawah).

Menu 5: Menu Hapus (Delete)
Gunakan menu ini untuk menghapus elemen yang tidak kamu butuhkan.

Menu 6: Atur Derajat
Masukkan angka pada kolom menu ini untuk mengatur sudut kemiringan dari elemen yang kamu inginkan.

Menu 7: Mengubah Lebar Elemen
Ubah lebar dari elemen dengan memasukkan ukuran pixel sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.

Menu 8: Mengubah Tinggi Elemen
Ubah tinggi dari elemen dengan memasukkan ukuran pixel sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu.

 

 


PENTING:
Ketika kamu mengubah salah satu, lebar atau tinggi suatu elemen, melalui properties, ukuran elemen tersebut tidak langsung berubah sesuai ratio. Dengan kata lain, apabila elemen yang kamu ubah berupa gambar, maka gambar tersebut akan menjadi tidak proporsional karena hanya salah satu sisi saja yang berubah ukuran.

 

002 Edited-02

Menu 9: Mengatur Posisi Elemen pada Sumbu X
Kamu bisa mengubah posisi suatu elemen dengan cara menggeser elemen tersebut dan meletakkannya pada posisi yang kamu inginkan. Apabila kamu ingin meletakkan elemen tersebut pada posisi yang sangat presisi (dengan koordinat), masukkan angka koordinat pada kotak X untuk mengatur koordinat secara horizontal.

Menu 10: Mengatur Posisi Elemen pada Sumbu Y
Atur posisi vertikal elemen secara presisi dengan memasukkan angka koordinat pada kotak Y.

Menu 11: Mengatur Posisi Elemen pada Sumbu Z
Atur posisi diagonal elemen secara presisi dengan memasukkan angka koordinat pada kotak Z.

 

Setelah mengetahui garis besar cara kerja menu pada editor, akan sangat baik jika kamu memahami struktur halaman pada websitemu.