Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau biasa disingkat SEO adalah proses untuk menempatkan posisi sebuah situs dalam halaman pertama hasil perncarian berdasarkan kata kunci tertentu pada mesin pencarian seperti Google, Bing atau Yahoo search. Adapun tujuan utama dari SEO adalah agar situs tersebut mendapatkan trafik yang berasal dari segmen pasar yang ingin disasar sehingga mendatangkan penjualan ataupun aksi yang diharapkan oleh pemilik situs.

Pekku.com dirancang dengan memikirkan unsur kemudahan dicari oleh mesin pencarian seperti Google, sehingga Pekku.com telah dilengkapi dengan tool-tool untuk melakukan Search Engine Optimization. Untuk memulai proses SEO pada websitemu silahkan baca: Cara Mengatur SEO di Pekku.com

Cara untuk melakukan Search Engine Optimization

Untuk melakukan SEO di Pekku.com dapat dilakukan dengan melakukan beberapa hal berikut:

1. Tentukan terlebih dahulu keyword/kata kunci yang ingin kamu sasar.

Sebelum memulai proses SEO yang lainnya, kamu harus sudah menentukan kata kunci yang ingin kamu gunakan. Untuk membantu pemilihan keyword dapat dengan menggunakan beberapa tool bantuan seperti Google Keword Planner.

2. Atur judul halaman & meta description dari setiap halaman yang ada.

Judul halaman & meta description sangat berpengaruh bagi SEO sebuah website, oleh karena itu pemilihan judul & meta description yang tepat bagi website kamu sangat diperlukan.

Baca disini mengenai: mengapa judul halaman penting dan cara memilih judul halaman.
Baca disini mengenai: mengapa meta description penting dan cara memilih meta description yang baik.

3. Pastikan konten dari website kamu sesuai dengan kata kunci yang ingin kamu sasar.

Salah satu faktor penilaian dari mesin pencarian mengenai ranking suatu halaman web terkait suatu keyword adalah relevansi antara konten halaman websitemu dengan keyword yang ingin disasar. Semakin relevan konten dari web page dengan keyword tersebut maka akan semakin tinggi rankingnya.

4. Share URL website kamu di media sosial yang kamu miliki.

Social point merupakan salah satu faktor penilaian dari search engine untuk menghitung ranking dari sebuah website. Oleh karena itu semakin banyak orang yang share / like website kamu akan mempengaruhi ranking websitemu. Selain itu dengan mengshare URL websitemu secara publik, akan membantu untuk proses indexing dari website kita oleh mesin pencarian.

Sebelum kamu share URL websitemu jangan lupa melakukan optimasi untuk media sosialmu, baca disini mengenai caranya:

Facebook: Cara mengatur OG Facebook di Pekku.com
Twitter: Cara mengatur Twitter Card di Pekku.com

5. Lakukan Blog Walking.

Blog walking adalah aktivitas dimana kita mengunjungi blog-blog dan melakukan comment di artikel yang ada. Tujuan dari blog walking ini adalah mendapatkan backlink yang mana akan membantu meningkatkan ranking kita di mata mesin pencarian.