Tentang domain

Di artikel ini kami akan membantu menjelaskan tentang domain. Apa itu domain? apa bedanya dengan Hosting dan apa hubungannya dengan website.

Analogi yang paling sering di gunakan adalah menggunakan perumpamaan tanah , bangunan dan alamat. Tanah tempat bangunan berdiri adalah Hosting, Bangunan adalah Website, sedangkan Domain adalah Alamat.

Atau penjelasan secara tehnis nya, domain adalah sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server, seperti web server atau email server di jaringan komputer atau internet dan biasanya di akhiri dengan ekstensi tertentu seperti .com .net .id .co.id dll.

Domain sendiri dapat dikategorikan menjadi dua macam :

  • TLD (Top Level Domain) dan sub-domain. TLD merupakan domain paling tinggi biasanya berakhiran tunggal (.com .net .org dll).
  • Sedangkan sub-domain merupakan bagian dari TLD, biasanya diakhiri dengan nama TLD yang bersangkutan (.pekku.com).

Kepemilikan nama domain biasanya tidak bisa sama satu sama lain, contohnya sudah ada pemilik dari nama domain dari pekku.com, maka kamu tidak bisa lagi membeli domain dengan nama pekku.com.

Untuk memiliki domain kamu dapat membelinya di provider – provider domain. Kepemilikan domain bersifat sementara dan tidak permanen, biasanya masa berlaku domain minimal digunakan dalam waktu 1 tahun, dan setelah masa berlaku tersebut habis kamu bisa memperpanjang jika masih ingin menggunakannya. Sekian semoga penjelasan kami bisa di mengerti.

Cheers :)