Title Tag

Apa itu title tag?

Title tag adalah sebuah elemen yang menentukan judul dari sebuah halaman website. Title tag sangat penting bagi sebuah halaman website karena title tag tersebut tampil di halaman hasil pencarian dari mesin pencarian (SERP).

Mengapa title tag penting?

Title tag adalah salah satu faktor terpenting yang membantu mesin pencarian mengetahui mengenai isi halaman websitemu, dan selain itu title tag juga merupakan impresi pertama-tama orang-orang mengenai websitemu. Title tag sendiri tampil di 3 tempat berikut:

1. Halaman hasil pencarian dari mesin pencarian

Title tagmu menentukan tampilan judul pada halaman pencarian mesin pencarian, dan merupakan pengalaman pertama dari pengunjung pada websitemu. Judul tersebut menentukan untuk pengunjung mengklik atau tidak pada link websitemu.
Title tag pada mesin pencarian

2. Web browsers

Title tagmu juga tampil di bagian atas dari web browsermu. Title tag dapat menjadi pengenal bagi pengunjung agar tidak bingung saat mencari tab yang berisi websitemu terutama pada pengunjung yang membuka banyak tab secara bersamaan.

Title tag pada web browser

3. Media sosial

Ketika kita menambahkan tautan pada postingan di media sosial seperti Facebook, Fwitter dan Linkedin maka title tag juga akan ditampilkan pada postingan tersebut. Berikut contoh screenshot yang diambil dari Facebook:

Title tag pada media sosial

Bagaimana Cara Menulis Title Tag yang Baik?

Melihat pentingnya sebuah title tag bagi websitemu, maka penulisan title tag yang baik sangatlah diperlukan. Berikut adalah tips untuk memilih title tag yang baik untuk halaman websitemu:

1. Perhatikan panjang title tagmu

Mengapa kami menyarankan untuk menggunakan title tag yang tidak terlalu panjang? Hal ini dikarenakan apabila title tagmu terlalu panjang akan mengakibatkan mesin pencarian memotongnya dan menambahkan tanda “…”, dengan begitu maka ada kemungkinan kata yang penting tidak tampil. Kami menyarankan kamu untuk menulis title tag dengan panjang di bawah 60 karakter/huruf.

2. Berikan judul yang unik pada setiap halaman

Judul yang unik akan membantu meningkatkan click-through rates/tingkat klik (CTR) dari websitemu dan membuat mesin pencarian mengetahui bahwa konten websitemu unik dan berharga. Hindari penggunaan judul default seperti: “Home”, “New Page” atau “Untitled” – judul seperti ini akan mengakibatkan mesin pencarian mengira halaman website kamu merupakan konten duplikat dan beresiko menurutkan tingkat klik dari website kita .

3. Jangan terlalu banyak menggunakan kata kunci SEO

Title tag yang terlalu banyak menggunakan kata kunci SEO akan menyebabkan user experience yang buruk dan mengurangi tingkat klik dari websitemu. Contoh title tag yang terlalu banyak menggunakan kata kunci SEO:

Jual Baju, Baju Murah, Beli Baju, Baju Jakarta

4. Letakkan kata kunci penting pada awal.

Berdasarkan hasil percobaan dari beberapa sumber, kata kunci yang terdekat dengan awal dari title tag memiliki dampak yang lebih besar pada  ranking pencarian. Oleh karena itu kami menyarankan untuk meletakkan kata kunci yang unik pada awal title tagmu.

5. Menulis untuk pelangganmu.

Meskipun title tag penting untuk SEO, namun ingat bahwa kamu perlu untuk menarik perhatian dari calon pengunjungmu untuk mengklik tautanmu di mesin pencarian. Oleh karena itu saat menulis title tag, kamu juga perlu memperhatikan mengenai pengalaman pengguna websitemu. Title tag adalah pengalaman pertama dari pengunjung dengan brandmu ketika menemukannya di mesin pencarian jadi pastikan judulmu memiliki pesan yang positif, akurat & menarik bagi mereka.

6. Manfaatkan nama Brandmu

Apabila kamu memiliki brand yang kuat, mungkin menambahkan nama brand dalam title tagmu akan memiliki dampak yang baik & dapat meningkatkan tingkat klik websitemu di hasil pencarian pada mesin pencarian. Kami menyarankan untuk meletakkan nama brand pada akhir dari title tagmu, namun pada kasus tertentu ada kalanya kamu ingin menonjolkan nama brandmu pada halaman tertentu seperti halaman awal, sehingga meletakkan nama brand pada awal title tag adalah pilihan tepat untuk kasus tersebut.